6/11/2013

Konsep Dasar Antropologi

     Antropologi berasal dari bahasa Yunani. Antropologi terdiri dari 2 suku kata yaitu Anthropos dan Logos. Anthropos berarti manusia dan Logos berarti ilmu, jadi secara etimologi Antopologi berarti ilmu yang mempelajari mengenai manusia.
     Manusia adalah makhluk yang berbudaya. Karena mampu menciptakan budaya dan kebudayaan itu sendiri. Di Indonesia terdapat banyak suku bangsa yang menggambarkan banyak pula budaya dan kebudayaan yang hidup di Indonesia. Oleh karena itu, sebagai generasi muda, hendaknya kita menjaga dan melestarikannya. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan mempelajari kebudayaan tersebut, sehingga kita mengenal berbagai macam budaya dan kebudayaan khas Indonesia.
    Kebudayaan sendiri erat kaitannya dengan Antropologi. Sehingga kita dirasa perlu mempelajari materi ini. Saya akan menunjukkan tujuan mempelajari Antropologi, yaitu :
·         Agar dapat mendefinisikan kebudayaan.
·         Memberikan contoh wujud kebudayaan.
·         Menjelaskan unsure-unsur kebudayaan.
·         Menjelaskan budaya Indonesia yang majemuk.
·         Menjelaskan upaya-upaya pelestarian kebudayaan asli Indonesia. 

     Materi tersebut secara lengkap dan terperinci dapat teman-teman unduh dengan meng-klik download sebagai sumber pembelajaran kalian. Jangan lupa yaa untuk selalu menyertakan link ini sebagai sumber referensi teman-teman semua :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar